CARA MEMBUAT BUKU PELAUT ONLINE 2018 DI SYAHBANDAR KELAS I SURABAYA

CARA MEMBUAT BUKU PELAUT ONLINE 2018 DI SYAHBANDAR KELAS I SURABAYA

     BUKU PELAUT disebut juga seaman book. Dimana Buku pelaut merupakan syarat wajib bagi seorang pelaut. Untuk mendapatkan pengakuan sebagai pelaut maka setiap pelaut wajib memiliki seaman book atau buku pelaut. Secara garis besar bisa di artikan sebuah buku yang wajib dimiliki seorang pelaut dan berisi semua track record pemilik selama berlayar dan di syahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang.
    
     Berikut adalah proses cara membuat BUKU PELAUT TAHUN 2018 DI SYAHBANDAR KELAS I SURABAYA :

A. Sebelum membuat buku pelaut online, kita diHARUSkan memiliki akun online terlebih dahulu. berikut sara membuat akun, langsung saja kita mulai akses pada situs buku pelaut, berikut caranya :

  1. Buka browser pada perangkat yang telah terhubung dengan internet, disarankan menggunakan browser chrome.
  2. Ketikan URL http://pelaut.dephub.go.id/ lalu tekan tombol enter pada keyboard.
  3. Tunggu sampai muncul halaman seperti gambar dibawah ini:
  4. Klik menu Aplikasi Buku Pelaut, klik sub menu Pelaut :
  5.  Tunggu sampai muncul tampilan login seperti gambar di bawah ini :
  6. Apabila Anda sudah mempunyai akun untuk login, maka ketikan user name dan password kemudian klik tombol login. Apabila belum mempunyai akun maka klik link Buat Akun untuk membuat akun baru seperti berikut :
  7. Kemudian tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
  8. Anda Diwajibkan Untuk mengisi ataupun melengkapi biodata pelaut Anda. Isi semua yang telah disediakan. setelah selesi kemudian klik tombol daftar. Tunggu sampai muncul pop-up seperti berikut :

  9. Pastikan email benar dan dapat diakses, klik tombol “Ya, lanjut untuk daftar” atau klik tombol “Tidak, saya akan memperbarui email” untuk mengubah email. 

  10. Bila tombol “Ya, Lanjut untuk daftar” diklik maka tunggu sampai muncul informasi seperti berikut:
  11.      Sesuai informasi diatas, buka email yang telah didaftarkan saat registrasi, cek pada inbox / kotak masuk ataupun kotak spam di email anda.

  12. Klik emailnya, setelah dibuka maka akan seperti tampilan diatas
  13. Klik link “Confirm Registrasi Disini”, kemudian akan diarahkan ke halaman berikut:
  14. Masukkan seafarer code, username dan security code yang terdapat di email kemudian klik tombol submit. Bila seafarer code dan kode verifikasi sesuai, maka akan muncul tampilan login seperti pada gambar dibawah ini :
  15. SELAMAT.. Anda sudah Terdaftar. Setelah itu, langkah selanjutnya 
  16. Lalu isi user name dan password yang telah diisi pada saat registrasi tadi, kemudian klik tombol loginBila login berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
  17. Setelah sukses masuk kedalam aplikasi buku pelaut, maka pelaut akan melihat dua menu utama yaitu General dan Permohonan.

    Menu General berisi:

    a.      User Profile

    b.     Change Password
  18. Menu Permohonan Berisi:

    a.      Buku Pelaut

    b.     Perpanjangan

    c.      Penggantian Buku Pelaut

    d.     Perubahan Identitas

    e.      Nama dan Alamat untuk Perubahan

    f.       Penambahan Data

    g.      Permintaan ulang kode billing
  19. Pada menu general berisi user profile dan change password, berikut penjelasannya. 
  20.       User Profile. Untuk mengakses sub menu User Profile, berikut adalah langkah-langkahnya. Buka Menu General -> Klik Sub Menu User Profile
  21. Tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah

  22. Untuk mengedit user profile pelaut klik tombol edit profile, lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Bila Pelaut ingin mengubah gambar user profile nya, pada kolom paling atas klik choose file
  23. lalu akan muncul seperti ini :
  24. setelah memilih gambar, klik open.. Dan hasilnya akan seperti ini:
  25. Klik tombol preview untuk melihat gambar, kemudian edit dan atau tambahkan informasi lainnya bila diperlukan. Apabila telah selesai klik tombol Update Profile kemudian data akan diperbaharui pada sistem. Klik tombol cancel update apabila tidak jadi meng-update profile.
  26.  Berikut adalah tampilan saat berhasil mengupdate profil.
ITU BARU PENDAFTARAN UNTUK AKUN BUKU PELAUT ANDA, REKAN-REKAN... TETAP SEMANGAT.. CARA SELANJUTNYA SEPERTI INI...
B. Pembuatan Buku Pelaut  

  1. Bagi Pelaut yang belum mempunyai buku pelaut, dapat menggunakan menu ini untuk mengajukan permohonan buku pelaut. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut 
  2. Buka Menu Permohonan -> Klik Sub Menu Buku Pelaut


  3. Tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
  4. Klik tombol Buat Permohonan untuk memulai membuat permohonan buku pelaut. Permohonan Buku Pelaut ini dibagi menjadi 3 step, yaitu step 1 identitas pelaut, step 2 Ijazah/sertifikat, step 3 Cetak.



  1.   
    Pada step 1 ini berisi identitas pelaut, perlu diketahui bahwa kode pelaut, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, kebangsaan dan jenis kelamin tidak dapat diubah, mengapa? Karena data tersebut didapat pada data sertifikat pelaut yang bersangkutan yang telah terdaftar pada sistem database sertifikasi. Namun jangan khawatir, apabila ada perubahan nama, tempat lahir, atau lainnya bisa mengkases sub menu perubahan identitas, ini akan dijelaskan pada bagian lain setelah ini.Warna rambut, warna mata, tinggi badan, warna kulit, golongan darah, dan alamat tetap harus anda isi dengan sebenar-benarnya, karena data ini nantinya akan tercetak pada buku pelaut anda.

    Klik Next apabila sudah selesai mengisi identitas, kemudian akan berlanjut pada step 2
    Warna rambut, warna mata, tinggi badan, warna kulit, golongan darah, dan alamat tetap harus anda isi dengan sebenar-benarnya, karena data ini nantinya akan tercetak pada buku pelaut anda.

  2. Pada step 2 ini menampilkan data Ijazah/Sertifikat yang dimiliki oleh pelaut yang bersangkutan. Pastikan data ijazah/sertifikat anda benar. Klik Next untuk tahapan selanjutnya. 
  3. Cetak . Pada step 3 ini pelaut boleh memilih tempat cetak buku pelaut di beberapa syahbandar yang ada . Kemudian ketikan captcha yang ada disamping tulisan, lalu klik tombol Finish.
  4. Berikut adalah tampilan pada saat tombol finish diklik, klik link Print Permohonan untuk mencetak bukti pendaftaran permohonan buku pelaut.


  5. Setelah dicetak, bacalah dengan seksama kemudian datanglah ke syahbandar yang anda tunjuk sesuai dengan jadwal yang ditentukan.


SELAMAATTT REKAN-REKAN PELAUT,. ANDA SUDAH DAPAT MEMBUAT BUKU PELAUT ONLINE.... SELAMAT BERLAYAR.. SALAM DAN JAYA SELALU PELAUT INDONESIA !!!

Komentar

  1. Apa ada yang tahu setelah melakukan pembayaran buku pelaut online selanjutnya bagaimana

    BalasHapus
  2. kenapa loading trus sih mau daftar buku pelaut

    BalasHapus
  3. Pasword salah muluk..
    Loading muluk..
    Beribet asli dah..
    Kalo ada nawarin bantuan 1,2 juta...
    Ngeri ngeri dah...

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Mohon maaf bilah aku ada salah kata dan kedatangan aku mengganggu. Perkenalkan nama aku Nenot'z Marziny asal sidoarjo seorang mantan TKW duluh kerja di singapore selama 3 tahun lamanya. Singkat cerita.. Aku sangat berterima kasih kpd pak H.Abdul Salam atas bantuan beliau melalui penarikan uang gaib sebesar 1M. Mungkin aku tidak akan bisa cepat sesukses ini seandainya tidak ada bantuan dari H.Abdul Salam, Aku yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan aku juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang aku sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Aku tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna aku telpon dari google, facebook untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang aku tambah banyak. Beliau bisa membantu melalui Uang Gaib, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi H.Abdul Salam di nomer 085298892338 / +6285298892338 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari pak haji dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti aku. Demi allah demi tuhan ini kisah nyata aku. Sekian dan terima kasih semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada semuaNya..

    Salam dari aku Nenot'z Marziny

    BalasHapus

  5. Harus di tingkatkan ini, kemaren saya bisa buka pake password itu tapi sekarang gak bisa dan terus ku ganti password nya pake temporary password udah ku terima terus ku tulis juga passwordnya, akan tetapi malah suruh kontak administrator..
    Dan ku tulis di gmail terus ku kirim ke info151@dephub.go.id tapi gak di balas" 😒
    Apa saya harus ke syahbandar dan apa saya harus ke jakarta? sedangkan sekarang mengurus buku pelaut harus online 😒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sm mas,... Sya membuwat email n mendftar akun baru,. Sampai 7 x....
      Baru bisa d buka dftar bukpel online nya..

      Hapus
  6. Gagal mengunduh data sertifikat pelaut, muncul2 itu trus. Apa se mksudnya.
    Ribet x dri kmren ngrusuin ni gk kelar2.😔😔😡

    BalasHapus
  7. Barusan saya mau perpanjang, kok mal mucul pemberitahuan "anda belum mempunyai buku pelau"

    BalasHapus
  8. Siang mas/mba, saya ingin membuat buku permohonan selalu muncul tulisan "fail record" pada saat klik buat permohonan kenapa ya? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Mohon info....Berapa lama selese nya buku pelaut??

    BalasHapus
  10. cara cancel daftarnya gimana ya min? saya udah daftar tapi sudah lewat tanggalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, cemna cara nya?? Saya juga ngalami

      Hapus
    2. Min minta pencerahannya untuk cancel pendaftaran buku pelaut on line dan daftar kita sudah masuk dan sudah dapat jadwal,bagaimana untuk cancel nya

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Jika rekan" pelaut yang sedang mengurus buku pelaut, Klinik Oilia Medical Centre melayani Surat Keterangan Sehat untuk Mengurus Buku Pelaut maupun Medical Check Up Pelaut.
    Silahkan datang di alamat ini :
    KLINIK OILIA MEDICAL CENTRE SURABAYA
    JL. PERAK TIMUR NO. 42A SURABAYA
    082231067114

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERPANJANG BUKU PELAUT OFFLINE 2018 SURABAYA

PERPANJANG MASA AKTIF BUKU PELAUT ONLINE 2018 SYAHBANDAR KELAS I SURABAYA